Banyak sekali
orangtua yang anaknya dengan ADHD merasa sangat tersiksa dengan tingkah anak
yang tidak bisa diam. Mereka sering berteriak pada anak ADHD ”Duduk! Diam!
Konsentrasi!”, padahal sebenarnya tidak begitu memperlakukan mereka.
Sebuah
penelitian yang dilakukan di University of Central Florida pada anak-anak
dengan ADHD menyatakan gerakan yang berlebihan terjadi umum di antara anak-anak
dengan attention-deficit disorder / hiperaktif sebenarnya penting untuk
bagaimana mereka mengingat informasi dan bekerja di luar tugas-tugas kognitif
yang kompleks. Temuan menunjukkan lama metode yang berlaku untuk membantu
anak-anak dengan ADHD yang bisa saja menyesatkan. Penelitian ini
dipublikasikan dalam the Journal of Abnormal Child Psychology.
Menurut Mark Rapport, kepala divisi Children's Learning
Clinic pada universitas tersebut menyatakan intervensi yang berciri khas
menargetkan mengurangi hiperaktivitas. Ini kebalikan dari apa yang biasanya dilakukan
untuk sebagian besar anak-anak dengan ADHD. Pesan itu tidak berarti membiarkan
mereka berjalan di sekitar ruangan, sibuk sendiri, tetapi Anda harus dapat
memfasilitasi gerakan mereka sehingga dapat mempertahankan tingkat kewaspadaan
yang diperlukan untuk kegiatan kognitif.
Penelitian ini memiliki implikasi besar untuk bagaimana orang
tua dan guru harus berurusan dengan anak-anak ADHD, terutama dengan meningkat tugas
yang diberikan untuk kinerja siswa pada pelajaran standar. Studi ini
menunjukkan bahwa mayoritas siswa dengan ADHD bisa tampil lebih baik pekerjaan,
tes sekolah dan pekerjaan rumah jika misalnya mereka duduk di bola bergerak
atau sepeda.
Studi di klinik
UCF melibatkan 52 anak laki-laki usia 8 sampai 12 tahun. Dua puluh
sembilan dari anak-anak telah didiagnosis dengan ADHD dan 23 tidak memiliki
gangguan klinis dan menunjukkan perkembangan normal. Setiap anak diminta untuk
melakukan serangkaian tugas standar yang dirancang untuk mengukur sistem "memori
bekerja" untuk sementara menyimpan dan mengelola informasi yang diperlukan
untuk melaksanakan tugas-tugas kognitif yang kompleks seperti belajar,
penalaran dan pemahaman. Anak-anak ditunjukkan serangkaian angka dan huruf acak
yang melintas di layar komputer, kemudian diminta untuk menempatkan nomor
berurutan, diikuti oleh huruf. Sebuah kamera berkecepatan tinggi yang merekam
anak-anak, dan pengamat mencatat setiap gerakan mereka dan diukur perhatian
mereka untuk tugas itu.
Penelitian Rapport sebelumnya sudah menunjukkan bahwa gerakan
berlebihan itu adalah cirri khas anak hiperaktif yang sebelumnya dianggap
selalu ada, sebenarnya hanya terlihat ketika mereka perlu menggunakan fungsi
eksekutif otak, terutama untuk memori kerja mereka.
Studi baru berjalan satu langkah penting dan membutuhkan
kelanjutan yang membuktikan jika gerakan aktif memiliki tujuan. Menurut Rapport
bahwa apa yang mereka temukan adalah ketika mereka sedang bergerak, sebagian
dari mereka tampil lebih baik. Mereka harus bergerak untuk menjaga kewaspadaan.
Sebaliknya, anak-anak dalam studi tanpa ADHD juga bergerak lebih selama tes
kognitif, tetapi memiliki efek sebaliknya: Mereka tampil lebih buruk.
sciencedaily