1. Penglihatan
Anak dengan ASD biasanya punya visual kuat dalam prose visual, dan gambar visual akan menarik perhatian mereka dibandingkan melalui pendengaran.
2. Suara
Sebagian anak ASD tidak terganggu dengan suara rebut meski orang lain bisa stress dengan suasana rebut. Gunakan variasi.
3. Penciuman
Anak dengan ASD dikenal dapat mengenali orang dari bau mereka. Hindari pemakaian wewangian yang tidak /belum dikenalnya.
4. Pencicip
Anak ASD sangat pemilih dalam makanan. Sediakan hanya makanan yang sudah dikenalnya.
5. Sentuh.
Tekstur menjadi pilihan yang sangat baik dan menawarkan perasaan nyaman pada anak, atau malah bersikap menolak.
Strategi menolong anak autistik saat berhadapan dengan perubahan dalam kegiatan rutin dan lingkungan mereka:
1. Gunakan jadwal waktu visual
2. Membantu mereka menerima jika melihat perubahan terjadi
3. Gunakan gambar, diagram, peta
4. Ubahlah hal-hal satu per satu.
Kesempurnaannya:
– Perlu menjaga hal-hal tetap sama, namun tergantung pula kebetuhan individu setiap anak, mereka perlu memiliki pengetahuan menyeluruh tentang apa yang mereka butuhkan.
– Biarkan anak menyelesaikan apa yang mereka mulai.
Strategi / teknik menolong anak autistik ketika pindah sekolah:
Anak ASD bisa terbeban dan gelisah dengan kehidupan di sekolah di semua level dan oleh perubahan tertentu. Kita perlu menerapkan strategi proaktif dan memampukan anak untuk menanganinya sepositif mungkin agar mereka percaya diri. Caranya:
1. Mengenalkan sekolah
– Buat buku foto-foto siswa dan peta sekolah
– Cari kesempatan untuk melihat sekolah dan mengatur kunjungan ekstra
– Kenali tempat-tempat penting selama knjungan
– Buat koleksi fakta tentang sekolah.
– Buat foto-foto staff sekolah.
2. Mengenal siswa
– Seluruh sekolah harus mengenal siswa ASD.
– Berikan catatan tentang hal yang disukai atau tidak disukai anak
– Kenali dan berikan informasi tentang orang-orang penting yang akan mendukung anak.
3. Mengenalkan rutinitas baru
– Mengatur dukungan di awal dan akhir setiap pelajaran.
– Tugaskan seseorang dan beri satu ruangan di waktu tertentu setiap hari supaya siswa diberitahu adanya perubahan dan tugas peer.
– Berikan dukungan selama jam istirahat dan makan siang.
– Buat daftar perlengkapan untuk setiap pelajaran
– Buat daftar apa saja yang harus dibawa setiap hari.
– Berlatih memakai rute baru ke sekolah
– Buat jadwal waktu berukuran saku.
4. Mengajarkan kemampuan sosial
– Cari tempat alternative untuk makan siang jika perlu, dibawah pengawasan.
– Penting untuk memberikan metode sehari-hari agar siswa tidak gelisah dan menghidari peristiwa baru.
– Berikan tempat yang aman selama jam sekolah
– Beri kesempatan pada anak untuk relaks dan bersosialisasi dengan aman.
by Emak cibi